Kumpulan Tutorial, Tips dan Trik

Mobile Friendly: Cek Blog Kamu Apakah Sudah Mobile Friendly

Cek Blog Kamu Apakah Mobile Friendly- Sudahkah sobat cek blog sobat sudah mendukung mobile friendly? Jika belum, silahkan sobat perbaiki secepatnya. Jika tidak maka bakal dipastikan sobat akan kehilangan sebagian besar pengunjung blog sobat.

Loh kenapa harus mobile friendly?

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini ditengah pesatnya perkembangan smartphone, mengakibatkan banyak orang yang lebih suka berlama-lama berselancar di internet menggunakan smartphone atau ponsel mereka. Google sebagai pihak yang ingin memudahkan para penikmat internet dalam mencari informasi di internet khususnya dari blog maupun web, ingin membuat pengunjung nyaman dengan tampilan blog atau web di smartphone mereka. Biasanya blog atau web yang tidak mobile friendly akan cenderung terlihat terlalu kecil apabila dilihat dari layar smartphone. Nah ini lah yang akan membuat pengunjung tidak nyaman.

Google sebagai mesin telusur paling populer, mewajibkan para pemilik blog atau web supaya mengganti tampilan blog atau web mereka dengan mobile friendly. Resiko jika sobat tidak mengganti tampilan dengan mobile friendly adalah blog atau web sobat akan turun peringkat dan sulit masuk di halaman pertama index pencariaan google. Jika tidak masuk pencarian pertama google otomatis blog atau web sobat akan jarang dikunjungi orang.

Cara Cek Apakah Sudah Mobile Friendly

Cara mengetahui blog atau web kita sudah mobile friendly adalah dengan masuk ke tools google di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Silahkan sobat cek, jika blog atau web sobat belum memenuhi mobile friendly, silahkan cepat-cepat diperbaiki.


Cara Mengganti atau Mengatur Blog Agar Mobile Friendly

Untuk Membuat blog atau web sobat menjadi mobile friendly adalah bukan hal yang mudah, karena harus meng-edit kode html blog sobat. 

Cara paling mudah adalah menggunakan pengaturan standar dari blog. Caranya adalah dengan berikut ini:


  1. Log In ke Blogger
  2. Pilih Template >> Kemudian silahkan klik icon gear yang letaknya disebelah kanan Edit HTML (lihat gambar dibawah ini)

    cara menjadikan mobile friendly, cara membuat blog menjadi mobile friendly, membuat mobile friendly, cek mobile friendly, cara cek mobile friendly
  3. Kemudian setelah klik icon gambar gear, pilih Yes, show mobile template on mobile device atau Ya, tampilkan template seluler


    cara menjadikan mobile friendly, cara membuat blog menjadi mobile friendly, membuat mobile friendly, cek mobile friendly, cara cek mobile friendly


  4. Jika sudah, pilih SAVE. Maka blog sobat saat ini sudah mobile friendly.

Cara lain untuk menjadikan blog atau web menjadi mobile friendly adalah dengan mengganti template sobat. Carilah template yang mendukung mobile friendly. Namun jika tidak ingin ganti-ganti template, lakukan cara seperti diatas.





Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mobile Friendly: Cek Blog Kamu Apakah Sudah Mobile Friendly

0 comments:

Post a Comment